WESEL TIDAK BERBUNGA

Selasa, 09 Oktober 2012


WESEL TIDAK BERBUNGA
Pengertian
Wesel tidak berbunga adalah wesel atau promes yang tidak membebani bunga kepada pihak debitur. Maka jumlah uang yang diterima oleh pemegang wesel atau promes pada tanggal jatuh tempo adalah sebesar nilai nominal yang tercantum dalam wesel atau promes tersebut.

Mendiskontokan Wesel atau Promes
Jumlah uang yang diterima pada saat mendiskontokan (nilai tunai) adalah sebesarnilai jatuh tempo dikurangi dengan diskonto. Diskonto wesel biasanya dinyatakan dengan prosentase dari nilai jatuh tempo.

Diskonto Wesel atau Promes, ketentuan :
1.              Hari diskonto dihitung mulai dari tanggal jaul beli (tanggal pendiskontoan) sampai dengan tanggal jatuh tempo. 
2.         Bulan dihitung menurut hari yang sebenarnya (menurut kalender), satu tahun dihitung 360 hari, kecuali dalam soal ditentukan.
3.         Diskonto dihitung dari nilai nominal, dan dikurangkan.

Menetapkan tanggal jatuh tempo :
-            Mengurangkan tanggal wesel atau promes dari jumlah hari dalam bulanyang bersangkutan.
-            Menambahkan bulan-bulan yang bersangkutan tanpa melebihi jumlah dari hari dalam wesel atau promes, dan menghitung jumlah penuh hari-hari dalam bulan-bulan tersebut.
-            Mengurangkan jumlah hari yang diperoleh dalam butir 1 dan 2 diatas dari jumlah hari dalam wesel atau promes.

0 komentar: